Senin, 09 September 2013

Day 1 : (Tumis Peda, Daging Iris Manis, Sambal Trasi Goreng) Still 497 Recipes to go...



First post, yuhuuu... so excited...

Sebenarnya udah pengen ngetik semalem, tapi karena ada tanggungan report ke investor yang kudu kejar tayang, jadinya kepending bikin report yang ini... pembuatan report investor juga agak menyita piikiran siy, karena harus dibahasakan sejelas mungkin dan sebisa mungkin harus sekomplit mungkin, biar investor tahu kalo dana yang diinvestasikan benar-benar saya gunakan dengan sebisa saya sebaik mungkin, itu juga belum slse... ngetik sambil merem2 terus blek...

Oke, back to the project...

Ktika mendapati akan memasak tumjs peda, dan saya gak tahu peda itu apa... ternyata peda itu adalah ikan asin dari ikan kembung... googling buat cari tahu penampakannya, ternyata kepikiran kayaknya sering lihat di pasar blimbing deh, dan ternyata memang ada. Tapi berhubung di jowo jadinya ngomongnya bukan ikan peda, tapi iwak pedo (pake ‘o’) terus terang ini ikan asin terbesar yang pernah kubeli... ooo pernah dulu beli jambal roti pas di cirebon, tapi itukan udah potong2an ya, kalo yang ini benar2 physically masih bentuk ikan.

Hal yang pertama kali saya lakukan adalah saya melist daftar belanja, yang bakal saya masak ampe 3 hari ke depan saya tulis bahan2nya sesuai recipe di buku bu sisca, dan saya berangkat ke pasar deh... sebagian besar dapet siy, yang gak dapet Cuma leunca buat sambal oncom dan jamur merang buat... buat apa ya, lupa... leunca katanya adanya di pasar2 desa, itu semacam pokak, item2 bulet buat campuran sambel... kalo jamur merang katanya ada di toko hong di pasar blimbing tapi lum sempat kesana, itu toko yang lengkap banget emang, mulai dari kecap bango sampe angciu, mulai dari scallop sampe sosis babi ada semua... hehe...

Oya, FYI kemaren ngbrol sama tukang parkir, meski di pasar blimbing udah dipagarin gambar2 yang katanya pasar blimbing bakal jadi Malang Trade Center (sperti pasar dinoyo yang udah ancur mw diganti mall dinoyo city) katanya itu gak jadi, eh kurang tau siy, gak jadi ato lum jadi ya... meski katanya udah disediakan tempat pengganti, tapi ya teteuplah tidak akan sestrategis lokasi pasar blimbing saat ini...

Back to the project, againnn

Waktu berbelanja gak ampe sejam coz jam 8 kudu nganter soal ke sdit insan permata.  Niykan maria lagi sakit dn gakmasuk, ya otomatis bundami juga gak masuk... mau ada kayak semacam test gitu buat kelas 6, dn yang buat soal bundami, jadinya musti ke fotokopian dn nyerahin soalnya maksimal jam 8.15.  tapi bener deh ya, first experience anak sakit, (gak mau yang second, third, dst ahh...) kalo ayabi ato bundami sakit, lokasi sakitnya ya udah cuman di kamar aja, dan treatment-nyapun jelas, saya misalnya, sakitnya gak pernah gak masuk angin, obatnya ya cuman satu, makan enak, anget, dn banyak, kerokan, bobok slimutan, lha maria... demamnya udah turun siy, tapi masih nginthil (bahasa indonesia nya apa ya, ngikut kali ya...) nginthil terus sama bundami, alhamdulillah juga mimiknya udah mau dan banyak... sampe detik ini maria masih suka tiba2 merengek, akhirnya ditangani deh sama bundami, kayak sekarang niy, sambil bundaminya makan pisang molen, maria dipangku, ngoceh dengan menggemaskannya sambil mainan tempat tisu...

Hahaha, back to the project again and again...

Aktivitas memasak dimulai sekitar pukul empat, karena saya nyampe rumah jam segitu... daging yang sy masukkan chiller tak ambil dan takrebus, ini improvisasi dari resep karena di resep gak ada instruksi untuk merebus daging... oya, untuk daging ini banyak improvisasinya, pertama di resep dituliskan daging has dalam, saya udah tanya sama penjual daging dn udah dikasih tau siy daging has dalam itu bagian mana, tapi saya lebih pengen pake daging kisi, disamping lebih murah (cuman selisih 2-3ribu aja siy kayaknya) tapi yang saya senengi pake daging kisi ini ada kayak kenyal2 dari urat yang lembut, seneng aja... ketularan istri siy sebenarnya, sebelumnya masa bodoh mau daging sebelah mana tapi setelah menikmat kekenyalan daging kisi, maunya ber-kisi-kisi terus deh...

Improvisasi daging berikutnya adalah pada size daging, di resep tertulis 350 gram daging, tanggung banget, seperempat kilo kagak, setengah kilo masih jauh... jadinya saya beli setengah kilo dan saya ambil dagingnya pake feeling, feeling saya siy yang kemasak buat daging iris manis ini gak ampe 250 gram siy, soalnya gak ampe setengahnya.... mungkin sekitar 237 gram, hahaha....

Oke, setelah perdagingan, sekarang memilah2 ingredients-nya, karena mo masak 3 resep jadinya saya bagi 3, saya kelompok2kan.  Gak terlalu ada kesulitan pas ngebagi2, Cuma mungkin yang agak galau pas nentuin ingredient yang dimasak buat daging iris manis dan sambal terasi goreng.  Karena masaknya gak full resep... karena gak mungkin juga semua ingredient dibagi dua langsung gtu aja... pake feeling aja deh... terutama pas milah bawang putih dn merahnya,  bawnag putih masih gak terlalu masalah siy, ukurannyakan juga segitu2 aja, yang bawang merah niy yang sempat bingung, selain kesusahan ngupasnya, ukurannya juga gak standar ada yang bulet gede, ada juga yang mungil.  Ini aku belinya bawang merah bukan bawang merah jawa siy, import, makanya ukurannya gede-gede, gak kayak bawang merah jawa yang ukurannya kecil2 tapi secara rasa sbenanrnya lebih mantap...

Oya, did i mention that i have difficulty pas ngupas onion-nya? Kayaknya habis ini aku beli bawang merah kupasan aja deh... 15 menit sendiri buat ngupas bawang merahnya, padahal gak sampe 15 bawang merah... tapi gak tau deh, ini akukan ceritanya pengen bisa juga, hehe....

Pertama kali masak daging iris manis, untuk ukuran daging 237 gram,  bumbu halusnya pake 3 butir onion, 2 siung garlic, ½ sendok makan ketumbar (gak punya sendok teh soalnya, based on recipe takarannya 1 sendok teh), ¼ sendok makan jinten (saya sangrai dulu, pertama kali niy men-sangrai jinten, baunya khas juga  ya... harum dn appetizing) ½ sendok makan gula jawa, ½ sendok makan garam, dan untuk mericanya berhubung saya suka merica saya taburin aja sesuka saya, kalo based on recipe siy ½ sendok teh, gak tau berapa jadinya yang saya kasih yang pasti lebih banyak dari itu..

Dalam proses ngehalusin bumbu, sebaiknya jintennya diuleg dulu ampe halus, karena jumlahnya yang paling dikit itu ternyata gak sepenuhnya alus pas saya uleg bareng yang laen... jdi sebaiknya jinten diuleg dulu, pas udah alus baru dibarengin nguleg yang laennya... gak terlalu kesulitan pas nguleg tapi emang belum terlalu bisa nguleg jadinya masih diajarin2 gtu sama bundami.... belum terlalu terbiasa siy soalnya...

Setelah nguleg bumbu, motong dagingnya, biasa aja... Cuma bentuknya gak bisa rapi karena bingung motongnya mulai dari yang mana... kalo di resep siy setebal 1 cm, kalo potonganku ya sekitaran itulah... setelah itu tumis bumbu halusnya pake salam, serai, dn daun jeruk hingga wangi... trus dimasukkin deh dagingnya ampe berubah warna jdi lebih coklat gtu... dimasukkin kecap manis, langsung tuang gtu aja, tapi sambil ngira2 takarannya sekitar 5 sendok makan... lalu masukin santan... nah ini aku beli santan kara, terus terang aku baru tau kalo santan kara ini musti dicampurin air... kirain langsung tuang-tuang gtu aja...  habis dimasukin santannya, diaduk2, didiemin deh ampe meresap... barulah memasak makanan selanjutnya.... tumis peda...

Oya, masak tumis peda ini pressure point-nya (cieee pressure point, kayak di masterchef ajaaa) pas mem-fillet ikan asinnya... ada dua ikan asin, yang pertama langsung takcoba fillet gitu aja.... dipotong kepalanya terus langsung diseset gtu... jadinya bentuknya agak abstrak... yang kedua selain memotong kepala, bagian item2nya ikan juga kudu dilepas dulu juga... itu aku potong dan aku fillet, dan memang hasilnya lebih tidak abstrak dibanding ikan yang pertama... step2 berikutnya biasa saja, seperti motong bawang merah (5butir) putih (3siung) dn lombok merah dn ijo (masing2  3buah), motong lomboknya mungkin yang agak bingung, kalo bentuk di buku masih bulet2 gtu siy lomboknya jdi biji lomboknya masih ada.... sempat takpotong gtu akhirnya bijinya takkeluarin baru takpotong2... bikin tumis peda ini relatif gampang banget siy, cabe2 dn bawang2 ditumis ampe harum, masukin peda, 3 lembar daun jeruk yg udh dibuang tulang daunnya, kecap manis dikit, merica sesuai selera, aku gak pake garam karena udah asiiinn... di-sreng sreng, masukin kemangi, udah selesai...

Berikutnya masak sambal trasi goreng, ya gtu itu aja... mungkin yang paling kagak demen pas menumis 4 cabe rawit, 4 cabe merah besar, 4 bawang merah, dn 1 tomat merah... minyaknya meletus2... kena 2tangan gtu deh... habis ditumis ampe layu, diulek bareng trasi, gula, dn garam... pressure point ya pas nguleg, karena belum bisa nguleg, hahaha...

Untuk secara hasil masakan, kata istriku siy oke, mengingat ini juga yang pertama.... daging iris manisnya pas, cuman ya itu tadi, beberapa jinten belum teruleg dengan halus makanya pas makan ada kemungkinan untuk menggigit jintennya... kalo tumis pedanya,  untuk rasa yang lebih nikmat, harus dimakan bareng ikan asin dan cabenya, jadi ada rasa ikan asin yang kuat plus cabe bet-seasoning... jdi gak cuman asin doang... dan entah aku motongnya masih kegedean ato kebanyakan, tapi kayaknya porsi tumis pedanya yang nyolok mata tu cabe merah dan ijonya, sebaiknya dikecilin ato lebih disedikitin kali ya cabe besar merah dan ijonya.... kemudian untuk sambelnya, hmm, karena saya tidak terlalu suka bawang merah, dan ini kebanyakany bawang merah menurut saya,maka bawang merahnya sebaiknya lebih disedikitin lagi... porsinya juga jelas kebanyakan karena istri nggak demen sambel....

Kesimpulannya not bad for the first time, bersiap untuk memasak makanan selanjutnya nanti sore... btw ini report-nya panjang banget ya, hehe2...

Here's the result...
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar