Kamis, 19 September 2013

Day 6 & 7 : Tumis Ati Ampela, Srundeng Kuning, Sambal Terasi Pedas & Ceker Ayam Bumbu Taosi


Ingatkan saya untuk tidak melakukan ini lagi…

Hari senin ( day 5) kemarin saya telah memasak menu ayam masak santan… dan hari selasa saya tidak memasak (seharusnya saya sempatkan untuk memasak) disamping karena memang ada kesibukan dan juga malamnya mengantar bundami pijet, sebenarnya tidak jadi alasan untuk kemudian tidak memasak, makanya tolong diingetin yaaaa…

Hari rabu kemarin which is become my day 6 (kemarin malam ya…) saya sebenarnya memasak… saya memasak menu serundeng kuning, tumis ati ampela ayam, dan sambal terasi pedas, tapi tadi pagi saya tidak membuat report-nya (ingetin saya untuk tidak melakukan seperti ini lagi ya…) gak tau ya, tadi pagi kayaknya sibuk aja, mulai bangun, siram tanaman, trus nyusun daftar blanja, makan, ngantar bundami, ke pasar (ke pasarnya agak lama juga) terus ada tamu, trus sebenarnya ada waktu saya bisa nulis tapi saya gak nulis, capek kali ya… jadinya pengen berbaring aja… lalu bikin sate ayam buat menu baru di outlet sate gule & ayam dimadu… ada karyawan datang, udah dzuhur aja, trus ada kordinasi di sekret my life, lalu ke warung buat test mbakar sate ayam, dan hasilnya oke lhoooo, sate ayam yummy food BEM FEB ( Besar, Enak, Mantaf Fokoke Enak Banget) habis itu njemput bundami, beli kado karena mbak ada yang nglahirin, liat baby born, maghrib, leyeh2 dikit, masak, makan, udah deh, ngetikk sekarang ini…

Oya, sama satu lagi yang cukup menyita pikiran, dan waktu adalah ngebalesin sms calon karyawan outlet yummy food yang nggak tau kenapa bahasanya udah banyak yang alay… jadi prihatin, se-alay inikah potret anak muda kita, hufttt…

Oya, tadi aku masak satu menu aja, yakni Ceker Ayam Bumbu Taosi.. kirain masak 1 dish aja simple, tapi ternyata dish yang saya pilih masaknya tidak simple sama sekali… step masaknya ada 5 step coba… hadeh… tapi hasilnya recommended banget kok, dengan beberapa catatan tentunya, hehehe…

Oya, jadi ditulisan ini saya gabung ya (sesuai judul) Postingan buat Day 6 dan Day 7, sambil nyari pola waktu buat nulis niy… terus terang ke depan bakal kudu nyempetin bener2… dan juga kemungkinan masaknya juga 1 dish juga… semoga deh, 500 resep bisa kelar setahun… tau ndirikan, activity saya business, masih pemula pula, jadi masih buanyak banget yang kudu dibenerin tiap hari dan waktunya, dan kudu terus ada improve, apalagi saya bisnis pake dana investor,meski investornya temen2 sendiri ya gak berarti kemudian bisa berleha-leha, dan buat investor yang sedang membaca tulisan ini, saya melakukan husband cooking project ini untuk Yummy Food juga, bener deh… untuk lebih detailnya nanti saja ya di report… hehehe2…

Oke, back to the dish,

Kita mulai di hari ke-6 dengan menu tumis ati ampela ayam, serundeng kuning, dan sambal terasi pedas…
Secara umum gak terlalu sulit siy, yang sulit mungkin masih tetep pada per-uleg-an ya, masih belum terbiasa… sama nge-sreng-sreng srundeng, lama soalnya… makasiy banyak buat bundami yang udah ngebantu nge-sreng2-in srundeng ampe batuk2, hiks…

Hal yang pertama kali saya lakukan adalah sebagaimana resep2 yang lain di buku ini, ati ampela dilumuri dengan jeruk nipis (airnya yaaa jangan kulitnya lo, hehe2) abis itu didiamkan bentar trus dicuci baru direbus…

Sembari menunggu rebusan ati ampela saya mulai nguleg-uleg buat bumbu halus srundeng, oya, ati ampela saya pake 3buah  alias setengah resep… bumbu halus srundeng  setelah disesuaikan resep saya make 3 onion, 2 garlic, kunyit sekitar 3-4 cm, ½ sendok makan ketumbar (saya pake ketumbar bubuk),  jinten yang udah disangrai (kira2 ¼ sendok makan deh…) gula pasir pake 1sdm kurang, ½ sdm garam (di resep Cuma ½ sdt garam coba, ini aja saya kasih garam lagi nanti padahal… ya sesuai selera ajalah ya…) bumbu 2 itu dialusin, habis itu diuleni dengan kelapa parut, saya pake kira2 1/3  kelapa tua besar… saya beli yang agak gede karena buat dipake 3 kali bikin serundeng, namun mengingat satu srundeng aja udah gini, dan kayaknya berat kalo 3 hari berturut2 makan srundeng, makanya untuk resep yang ini masak srundeng kuning, srundeng pedas dan manisnya tauk deh kapan, hehe

Abis kelapa parut dan bumbu halus diuleni dan dirasa udah merata, langsung deh dimasukin ke wajan, di-sreng-sereng sampe kering… jangan lupa pula tambahkan 1 daun salam, 3 daun jeruk (dua ukurannya kecil2), +- 1 cm jahe dan lengkuas yang udah dimemarkan… diaduk2 hingga kering dan dirasa sudah meresap bumbunya, dan ini butuh waktu lama, sampe masakan yang lain jadi, ini masih baru mau selesai, hadehh… kata bundami juga siy, kalo slametan tu yang paling lama ya bikin srundengnya…

Back to tumis ati ampela, setelah direbus sampe matang (ternyata saya kurang matang, karena atinya masih merah gitu..) atinya dipotong agak2 tipis… sementara itu untuk bumbu2nya ditumis 3 onion, 2 garlic, cabe merah ijo masing2 1, 2 daun jeruk, 1 salam, lengkuas dan jahe (masing2 kira2 ½ cm, jangan lupa dimemarkan dulu ya…) ditumislah semua ampe harum…lalu dimasukkinlah ati ampela, kira2 1 ½ sdm kecap manis, garam dan merica (kalo dibuku karena resepnya make ½,  masing2 jadinya ½ sdt dan ¼ sdt, tapi nyatanya jelas aku memberikan lebih dari itu… sesuai seleralah…) di resep disuruh tambahkan cabe rawit setelahnya,  tapi karena udah terlanjur nyampur dengan cabe gede, ya udah udah dikasihkan sekalian tadi…
Nyatanya untuk tumis ati amepla ini karena khawatir gosong, sempat ditambahkan air dua kali, gak banyak siy, tapi lumayan biar nggak  gosong dan juga biar lebih mateng (karena yang tadi ati ampelanya kurang masak dikit…

Eh udah dulu ya, mata kayaknya udah takterbendungf ini… berate lanjutbesok pagi…

Dan sekarang udah pagi, hehehe…

Tulisan sebelumnya sengaja gak saya edit, biar tau kalo ngantuk tu ya tulisan bisa semelekete gitu… hehe… dan sekarang saya officially bright, hehe

Intinya meski dalam resep gak ada aturan suruh masukin air disela2 proses masak saya kasih tetep airnya, biar lebih mateng lagi ati ampelanya, dan harapannya biar bisa nresep juga… dan akhirnya matanglah tumis ati ampelanya…

Kembali lagi ke srundeng dan ternyata masih kurang kering, akhirnya saya bikin sambel trasi pedas… based on pengalaman dua kali ngebuat sambal di project ini, maka untuk sambalnya kita bikin sepersekian dari resep, kalo dari cabe merah besar di resep dibutuhkan 5 cabe merah besar, kalo di resep butuh 12 cabe rawit, saya pake 1, kalo di resep 1 sdt terasi matang, saya pake kira2 ¼ ampe 1/3 sendok makan, kalo di resep pake ¼ sdt garam di prakteknya saya tambahin lagi… kalo di resep ada air jeruk limau secukupnya, saya pake 1/8 jeru nipis dan dipereskan… proses masaknya sebagaimana sambel pd umumnya diuleg cabe merah dan rawit sama garam, trus dimasukkan terasi, at last dimasukkan air jeruk nipisnya… jadi deh…
Seiring jadinya tumis ati ampela dan sambel, akhirnya diputuskan kalo srundengnya udah matang… udah kering sih, tapi masalahnya kita gak tau kudu seberapa kering, intinya pas semua masakan udah jadi mau gak mau srundengnya juga kudu harus jadi juga, hehe2…

Setelah di-plating sama bundami, dipoto2… kita makan deh…

Untuk rasanya, tumis ati ampelanya oke, secara bahan bakunya emang selalu suka dimasak apa aja, tapi memang rasanya oke… resep yang recommended, bikinnya gampang, jadinya cepat, rasanya enak, I think everybody likes it, haha… kalo srundengnya, hmm… kata bundami sih bumbunya kurang nendang, memang gak bikin sesuai resep sih komposisinya, dan kalo dari saya sendiri karena saya gak pernah demen srundeng, ya gitu aja… kalo enak gak ngerti enaknya dimana, kalo gak enak nggak ngerti juga kudu diapain biar lebih enak lagi… dan akhirnya untuk sambal, hmmm…. Tiga kali bikin sambel, sambel yang ini bukan favorit saya, lumayan sih… tapi selain sambal oncom yang takbuat, untuk sambal2 sperti ini saya kok lebih demen sambal bikinan karyawan kateringku ya, mungkin gara2 kurang bisa menguleg ya, jadinya kurang menjiwai, halah… hehe2…

Demikian untuk day-6, dan sekarang kita menuju day-7….

Sebenernya gak kepikiran untuk masak ceker ayam bumbu taosi sebelumnya, tapi berhubung kemarin di tukang sayur saya beli ceker dan kalo lama gak dimasak takut cekernya kenapa2 di kulkas (flu kek, migren kek, ato apa gtu, hehehe ) akhirnya kita masak ceker deh… sebenernya pengen masak ceker ala lainnya, tapi di buku bu sisca ini belum nemu resep ceker lainnya selain ceker ayam bumbu taosi ini… bukannya napa2, soalnya ada beberapa bahan yang kurang familiar, seperti bunga lawang, tepung sagu dan taosi itu sendiri… khususnya bunga lawang, Tanya tukang sayur gak tau… dan setelah browsing ternyata bunga lawang ini ingredient untuk chinese food… agak lega juga, coz I know where I have to go, tapi agak khawatir juga coz takut gak ada, coz bunga lawang alias pekak ini agak susah nyari penggantinya, soalnya rasanya rich banget, dari artikel yang saya baca, paling tidak kalo bunga lawangnya nggak ada maka harus diganti dengan sekitar 3 jenis bahan…

Dan ternyata kekhawatiranku agak berlebihan coz I really don’t have to be worry, karena toko Hong di Pasar Blimbing emang lengkap… apalagi bahan2 cina kayaknya… bunga lawang ada, taosi ada (kata bundami taosi ini tauco, tapi aku gak terlalu mempedulikan, dan ternyata bundami (as always) is true, meski ada bedanya sih…) apalagi tepung sagu ada semua… oya, masih terkait bunga lawang ini ternyata di toko bahan2 bumbu ada juga, jadi gak cuman di toko hong aja adanya… tapi terlanjur beli di toko hong ya udah, jdi rejekinya sono…

Oke, dan sekarang mari kita memasak ceker ayam bumbu taosi…

Awalnya, ceker dibersihkan (saya beli ternyata ¼ kg, kalo di resep kudunya 1 kilo, berarti saya bikin ¼ resep) habis dibersihkan direbus sama aer yang udah dikasih gula (sekitar 1 ¼ sdm) rebusnya sekitar 5 menitan, habis itu cekernya di-pedicure sama bundami, alias kukunya dipotong, biar gak nyogrog pas makan, dan saya nyiapin onion dan garlic-nya buat sausnya, masing2 2 butir. Habis di-pedicure, tibalah saat paling mengintimidasi, yakni goreng ceker, awalnya bundami nggak percaya kalo pake acara digoreng, coz goreng ceker itu annoying banget, cekernya meletup2, dan ternyata memang benar, begitu dimasukkan, langsung cekernya meletus-letus, minyaknya muncrat2… yang awalnya mau masukin paling nggak sekitar 5-6 ceker jadi jiper sendiri takut kepletikan minyak… jadinya Cuma 2 ceker dulu yang digoreng sampe kira2 agak kering (istruksinya sih sampe kering, Cuma kalo sampe kering nggorengnya mau berapa lama, jdinya ampe agak kering aja… setelah dua ceker diambil, langsung dimasukkan semua ceker dan ditutup pake tutup panci biar letupan minyaknya kagak kemana-mana… aman deh… setelah dirasa tidak terdengar letupan, diintip, dibiarin dikit, lalu diangkat…

Habis diangkat masih belum slse, masih harus direbus bersama sekitar ¼ sdm garam dan 1 biji bunga lawang. Direbus sampe kulitnya melepuh, tapi kalo kemaren gak sampe melepuh sih, sampe kayaknya mau melepuh saja…

Setelah ceker diangkat dilumurilah dengan sekitar 1 sendok makan tepung sagu. 

Untuk sausnya, onion dn garlic ditumis ampe harum, lalu masukin saos tiram  sekita 1,5 sdm, taosi (nah… ini bedanya taosi dengan tauco sebagaimana yang saya tahu, aromanya sih sama, tapi kalo kita makan taucokan warnanya merah ya, kalo taosi niy kedelai item, apa mungkin kalo tauco pake kedelai merah, kalo taosi ini pake kedelai item ya, aromanya sama sih… oya, taosi niy dikemasnya beli kalengan) taosinya niy 1 sdm saja, habis itu ada gula skitar ½ sdm, saus tomat 1 ¼ sdm, garam merica masing 2 sih ¼ sdt dan 1/8 sdt (karena untuk ¼ resep) tapi jelas saya ngasih lebih banyak dari itu… masukkan air dimasak, diaduk2 hingga mengental lalu dimasukin cekernya tadi dan cabe merah besar yang udah dibuang isinya dan diiris tipis2… 

Jadinya sangat berbeda denga yang di gambar di buku resep, selain masalah warna juga masalah sausnya, sausnya diserap sama si ceker… tapi memang masaknya lum slse sih, masih ada step berikutnya, yakni dikukus… awalnya bingung mau dikukus dimana, pake dandang nasi kegedean, akhirnya wajan tempat numis tadi dikasih air, dikasih saringannya kukusan yang bolong2 itu, cekernya ditaroh di piring kaca lalu ditutup pake cetakan tumpeng, hehe maksa.com banget yaaaa

Habis dikukus selama 15 menit, ternyata hasilnya tetap beda dengan yang digambar… hehehe tapi rasanya enak kok, rasanya kaya banget… padahal bumbunya simple… Cuma masaknya yang ribet booooook, udah direbus, digoreng, direbus lagi, ditumis, lalu dikukus… hahaha… semoga nggak ada lagi resep yang kayak gini ya… kalo resepnya kayak gini satu resep kayak tiga resep deh… tapi mungkin nanti ada yang bisa disesuaikan lagi, hehe2…
 
Oke, sekian untuk day-6 dan day-7


Tidak ada komentar:

Posting Komentar