Selasa, 10 September 2013

Day 2 : (Tumis Buncis Tempe, Ayam Bumbu Kari) Still 495 Recipes to go...



Gak tau niy kok agak ngantuk ya pagi-pagi, semalam Maria dua kali bangun dan rewel... biasanya kalo cuman nangis doang saya jarang dan hampir nggak pernah bangun, kalo ini sampe saya bangun dan dua kali, berarti memang dahsyat.  Maria Alhamdulillah emang udah sembuh, udah gak panas, batuk insyAllah juga kemarin gak denger dia ‘uhuk-uhuk’ dan kalo toh hidungnya ampe mbeler itu karena dia nangis sampe sampe mbeler aja... dan semalem, dia cukup heboh... penyakitnya InsyaAllah udah sembuh, tinggal rewelnya... maunya dikelonin terus sama bundaminya, la kalo ngelonin maria kan juga sekalian mimik, nah itu berimplikasi pada posisi tidur bundami yang nggak bisa lama-lama stay on pose karena pegel, akhirnya pas bundaminya gerak dikit ato ganti pose, teriak deh Marianya... hoalah my little princess yang nggemesin, udah nangis ampe mbeler ingusnya, tetep aja saya dan bundaminya rela nyium-nyiumin...

Oke, back to the game...

By the way anyway busway, makasiy yang udah merespons dan memberi masukan pada postingan pertama kemarin... di postingan kedua ini insyAllah saya langsung posting dan aplot gambarnya... btw niy bundami ikut2an excited, dan dari sini sepertinya bundami ada bakat motret juga, gambar2 yang saya aplot ini bundami semua yang ‘nyekrek’

Ada dua recipee yang saya masak kemarin, menu yang common siy, yang pertama tumis buncis tempe... yang kedua ayam bumbu kare... tidak ada yang terlalu spesial di menu pertama, di menu kedua secara kare sih biasa ya, tapi yang bikin spesial ayamnya dibikin krispi, jadi crispiness ayam dipadu dengan tasty-nya bumbu kare yang kental...  hmm.... percaya deh, enakkk euyy !!! hehehe...

Karena saya gak punya pinggan tahan panas kemaren saya beli dulu di hartono, nyari yang ukurannya agak kecil gak ada, adanya yang menurut saya agak besar... yang agak kecil malah lebih mahal, karena bentuknya beda dan sepertinya merk-nya lebih terhormat... harganya yang paling kecil dua kali lipat dari harga pinggan yang saya beli... sempat rada khawatir dengan pinggan yang takbeli dimasukin oven gak kuat panas trus langsung cetar, berkali2 make sure ke mbaknya kalo pinggan yang takbeli ini bener2 tahan panas... kata mbaknya berkali2 juga jawab : ya, ini pinggan buat di oven ato microwave... ya weslah, bismillah aja bener2 tahan panas, alhamdulillah dapet yang lebih murah... saya beli 67ribu, yang laennya yang saya bilang size-nya lebih kecil harganya 125rb, Alhamdulillah dapet yang murah... meski kayaknya pinggan yang takbeli ini pinggan terakhir di toko, karena kardusnya udah gak ada, dicariin yang kardusan udah gak ada, akhirnya sampe dilapisi 3 lapis tas kresek... alhamdulillah selamat sampe rumah...

Rencana mau masak sekitar jam 4, Cuma molor ampe setengah lima karena maen2 sama Maria... pertama yang dimasak ayam bumbu kare, karena ada 3 step (step preparation adalah sebuah keniscayaan jadi gak perlu ditulis) step pertama : nggoreng ayam, step kedua : bikin sausnya, step ketiga : panggang di oven.  Sementara tumis bumbu kare Cuma ada satu step : sreng-sreng di wajan, hehe2...

Saya masak Ayamnya sesuai Resep 500 gram, tapi ukuran ayamnya gak sama, kalo di gambar kayaknya ayamnya dipotong kecil2. Kalo saya 1 kilo dipotong 10, jadi kemaren masak 5 potong ayam langsung.  Tapi di resep juga potongan ayamnya juga sesuai selera kok, jadi ya... terserah saja... step awal ngeluarin ayam dari kulkas, saya cuci, saya tiriskan trus langsung dicampur di tepung dan digoreng.  Saya pake tepung serbaguna sasa, karena kebetulan adanya itu di rumah, dan kalo di resep takarannya 80 gram, ini saya timbang ya sekitaran itulah, nggak terlalu banyak tepungnya dan masih nyisa juga.  Saya goreng dengan minyak yang nggak terlalu banyak dengan api kecil biar hemat minyak dan bisa tetap matang.

Sambil nggoreng ayam, bahan baku yang udah saya prepare saya mulai siapkan untuk masak, 2 lembar daun jeruk saya cuci,  serai saya cuci dan memarkan, serainya saya potong lebih kecil biar nggak segede kemaren, bawang bombay berhubung saya dapet bombaynya 1 biji tapi ukurannya kayak bola tenis, saya Cuma pake setengah, itupun masih nggak dipake semua coz udah banyak banget, saya potong dan cincang sebisa saya, hehe... untuk bumbu kare saya pake bumbu kare india bubuk yang saya beli di giant, trus saya tambahin air gitu aja (coz kalo di resep tulisannya 50 gr bumbu kare basah siap beli) santan saya teteup pake kara...

Untuk bikin sausnya saya diperkenankan bundami untuk mengawali memakai wajan teflon yang besar yang merupakan salah satu wedding gift kita dua tahun yang lalu...  saya panasin blue band,  masukin bombaynya, ditumis sampe wangi, trus baru dimasukin bumbu kare, daun jeruk dn serai.  Abis itu masukin santen (250ml) garam (kalo di resep 1 sdt, tapi kalo aku kurang jadi taktambahi lagi) gula (di resep 1 sdt, kurang juga, karena masukin garamnya kebanyakan, akhirnya masukin gula lagi dikit, hehe2) dan merica bubuk (i love pepper, jadi petunjuk takaran ½ sdt merica bubuk jelas aku abaikan) niy semua dimasak ampe mendidih, cepet kok, trus dimasukin larutan tepung maizena biar ngental (tepung maizenanya 1 sdm aja tambahin air dikit trus diudek-udek)

Kemudian, ayamnya udah mateng, sausnya udah mateng, nyiapin oven deh... oven di rumah oven yang ditongkrongin di atas kompor, sambil dipanasin ovennya, masukkan sausnya di pinggan yang baru dibeli, trus ayamnya ditata (dan ternyata aku nggak kegedean beli pinggannya, pas banget malah...) trus aku kasih potongan tomat... sebenarnya kudunya tomat kecil 6, Cuma berhubung tomat yang takbeli kegedean, ya udah tomatnya takpotong 4-4, pake dua tomat jadi 8 potongan, 6 masuk pinggan, 2 masuk mulutnya bundami, hehe...

Oven dirasa udah panas, dimasukin deh pinggannya.... bismillah... semoga bener2 tahan panass...

Sembari itu nyiapin yang tumis buncis tempenya, tinggal potong potong potong, tumis, mateng, makan... udah gtu aja, hehe...

Yang ditumis ada cabe merah dan ijo masing2 dua (aq masak 2/3 resep) onionnya ada sekitar 5 biji, dn garlic-nya 3 siung  (dapet bantuan ngupas dari bundami)  lengkuasnya sekitar 1-2 cm (nggak diukur pake penggaris) trus dimemarkan, lalu daun salam... ini semua dimasukin sampe harum trus dimasukin scara sama2 buncis (200gram *ditimbang dulu soalnya pake timbangan) tempe (insyAllah 100 gram *ditimbang tapi berhubung demen tempe jadi ada passion untuk menambah jumlah tempenya, hehe2...) kecap manis (kira2 4 ampe 5 sendok makan), dan merica bubuk (seseleraku pokoknya, hehe) disreng-sreng bentar... trus wajannya ditutup pake tutup panci biar buncisnya mateng dan tempenya bener-bener mateng, dan bener emang, tempenya beberapa bener2 mateng ampe gosong, hehehe...

That’s it...  bikin tumis emang paling simpel...

Back to the ayam bumbu kare, pengalaman terakhir make oven cukup buruk... bikin garlic bread, ampe rotinya gosong segosong gosongnya... jadi make sure bener2 kalo manggang ayamnya niy bener2 15 menit... ya lebih2 dikit gak napalah, 16 menit, 17 menit its okelah... dan begitu udah sekitar 15 menitan, dibuka, ati2... takut numplek, dan takut panas juga siy... alhamdulillah menarik sekali untuk dimakan sepertinya, hehe....

Habis mateng semuanya, bundami bikin garnish bunga2an dari tomat... ditaruh di meja tamu, dipoto2 deh sama bundami... habis difoto kita makan... dan alhamdulillah, saya lebih puas di hari kedua ini dibanding di hari pertama... tumis buncis tempenya ya enak, ya gitu2 itu y rasanya tumis buncis tempe, yakin udah banyak yang tau dan pernah makan deh.. paling nggak ini enak tanpa vetsin... hehe2... yang mungkin star-nya ya ayam bumbu kare... udah ayamnya krispi, dimasukin oven ya makin krispi, ditambah dengan bumbu karinya yang yaaaa gtu itu deh bumbu kari, hehe2...  enak dan recommend untuk dicoba... 3 step yang takpikir ribet ternyata ya nggak ribet juga... tinggal dijalanin dan alhamdulillah mateng juga...

Big thanx, hug and kiss buat bundami...
Big thanx, hug and kiss juga buat Maria :D

Get ready for next husband cooking project this afternoon...

C u tomorrow InsyAllah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar