Senin, 16 September 2013

Day 5 : Ayam Masak Santan


Maaf, seharusnya kemarin mem-posting untuk menu yang akan dimasak di pekan ini…

But I didn’t….

Pekan kemarin saya hanya memasak 4 hari padahal yang saya rencanakan saya memasak di 5 hari Monday till Friday… berhubung sabtu pagi ada pesenan catering maka  jumat sore kagak bisa masak…  dipending kalo gak sabtu ato minggu masak ternyata kagak masak juga…  

Dan sebenernya senin ini saya nyaris tidak memasak, karena paginya lum sempat belanja…  but thankfully ada teman  kuliah yang tiba-tiba menanyakan dan memberi  support  saya menjalankan Julie/Julia project imitasi ini, hehe2… buat temen yang saya ceritakan, kalo lagi baca ini, u know who you are… I want to say deeply thank you… bener deh, kalo gak ditanyain kayaknya pagi ini aku gak start nge-blog lagi…

Dan karena saya tidak belanja, berdasarkan rencana resep yang saya udah buat kemarin, ada beberapa recipe yang lum termasak…  yakni ayam masak santan dan kering kentang teri asin, setelah buka kulkas, ternyata yang ingredient-nya yang paling available adalah ayam masak santan… maka jadilah kemarin malam saya memasak ayam masak santan…

Ayam masak santan ini mungkin adalah menu yang sangat simple… karena warnanya Cuma putih doang, sering kita makan kalo pas ada syukuran ato di nasi kotakan.  Tapi meski looks simple dan proses masaknya juga relative mudah, ternyata bumbunya banyak sodara-sodara… dibandingkan masakan2 yang saya masak di hari-hari sebelumnya, penggunaan onion dan garlic-nya adalah yang terbanyak untuk ukuran satu recipe…
Saya menggunakan ayam fillet sisa masak ayam masak santan hari kamis kemarin, kebetulan saya beli sekilo ayam fillet dan masih sisa sekitar 600-700 gram.  Kalo di recipe sebenarnya 1 ayam dipotong 4 trus disuwir-suwir, tapi berhubung saya ujungnya tahu kalo in the end ayamnya bakal disuwir-suwir ya udah sekalian saya beli ayam fillet… 

Karena ayamnya belinya udah lama, saya ambil di freezer dalam keadan membatu karena udah jadi es… saya rendam di air berharap ayamnya memisah sesuai dengan potongan-potongan ayam dari penjualnya, dan ternyata tidak terpisah juga, saya pisahkan pake tangan masih gak sepenuhnya terlepas, akhirnya dipotong pake pisau baru bisa.  Ayamnya diolesin jeruk nipis seperempat buah sama garam, didiemin bentar, trus dicuci lagi, ditiriskan, trus direbus…

Untuk bumbu halusnya, saya pake 6 siung garlic, 8 buah onion, kemiri yang udah disangre 4 biji, ketumbar 1 sendok makan (seharusnya yang bulet2 terus disangre, tapi saya makenya yang udah dalam bentuk kemasan bubuk) merica ½ sendok teh (kalo di resep, kalo saya mah langsung tabor gitu aja) sama garam 1 sendok teh (sama, saya langsung tabor saja, dan bagi saya garam segitu jelas kurang banget, saya tambahin lagi pas proses di atas kompor) sama gula jawa 1 sendok makan… ini bumbu halus diuleg semua, dan ternyata saya masih kesulitan dalam proses ngulegnya..

Setelah diuleg, bumbunya ditumis dengan 2 sereh (saya pake 1 ukuran sedang, 1 ukuran kecil) daun salam (saya pake 3 karena daun salamnya kondisinya agak memprihatinkan) 4 cm lengkuas, dan 1,75 cm jahe (hehehe… ngukurnya gimana tuh) jangan lupa sereh, lengkuas dan jahe dikeprok dulu baru dimasukin… semua komponen ini ditumis sampe harum, lalu dimasukinlah santan 400 ml, ditunggu ampe mendidih lalu ayam yang udah disuwir-suwir dimasukkan ditunggu ampe mengering airnya karena meresap ke ayam…

Hasilnya, menurut bundami enak, kalo menurut saya yaaa begitu itu rasanya, ya enak sih… apalagi dimakan pake nasi anget dan krupuk…  bolehlah dicoba untuk masakan keluarga, bon appetit…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar