Minggu, 29 September 2013

Day 11 : Kering Kentang Teri Asin, Daging Ungkep Suwir (479 Recipes To Go)




Hampaa...

Itu respon bundami ketika makan masakan kemarin...

Ya aku juga ngerasa gtu siy sebenarnya...

Gak tahu juga apa yang menyebabkan masakannya begitu hampa, seingetku mood masak pada wkatu itu juga fine-fine aja...

Yang jelas paling tidak memuaskan adalah masakan kemarin ini...

Entah mungkin udah mulai bosen masak makanan indonesia, tapi kalo bosen kok ya kayaknya gak banget ya, belum 50 resep aja yang dimasak udah bosen, apalagi di Buku Sisca resepnya ada 500 macam dan mostly kayaknya masakan indonesia... masaknya kering kentang teri asin dan daging ungkep suwir, hasil masakannya yang kering kentang teri asin kentangnya masih basa dan terinya tidak terasa asin, yang daging ungkep suwirnya kurang seasoning... padahal aku memasaknya lebih banyak komposisi bumbunya dripada bahan bauknya dibandingkan dengan yang tertulis aslinya di resep...

Pagi sembari mangku maria aku ngupas kentangnya, 2 kentang ukuran agak besar kalo ditimbang seingetku kemaren beratnya sekitar 200 gram (di resep kudunya 500 gram) habis itu aku serut pake penyerut kentang (namanya apa ya, masa penyerut) pokoknya ini alatnya bundami yang bida dibongkar pasang disesuaikan dengan aneka kebutuhan... jdinya kentangnya kayak chitato tapi tentu saja ukurannya masih lum standar :D
Well, untuk masak kentang teri asin ini saya pake setengah resep, tadi, kentangnya tapi saya cuman pake 2 kentang, ditimbang ssekitar 200 gram, habis diserut direnadam ke air... ketika itu aku siapin bumbu halusnya, ada 2 cabai merah besar (takut pedes) onion dan garlic masing2 dua, kemiri 2 butir, garam sekitar 25 gram dan ¼ sdm garam... niy semua diuleg trus disiapin buat segera dimasak.. sebelum dimasak aku ngegoreng kentangnya hingga kering kecoklatan, dan ini dia kesalahan pertamaku kata bundami, kalo ngegoreng kentang itu gak boleh di-sreng-sreng, didiemin aja....kemarin saya sreng-sreng soalnya minyaknya kedikiten dn takut gosong yg di bawah... akhirnya y smpe agak keuning kecoklatan gtu dn masih lembek (tapi ada yang gosong juga) aku angkat dn tiriskan dan dimulailah memasukkan bumbu ke wajan, ditambahkan 2 daun jeruk, cuka ½ sdm, dan 25 ml air... diaduk rata....

Dan disinilah dimulai kesalahan berikutnya, kalo di resep itu ditulisnya sampe harum dan gulanya jdi karamel, well, kalo bumbunya sih harum, tapi gak nyampe karamel sepertinya dh aku masukkan kentangnya... well, masalahnya memang aku gak tau ngaramelnya gula itu penampakannya seperti apa, jadinya ya udah, saya liat bumbunya udah kayak mendidih agak tinggi gitu langsung aku masukin kentang... aku aduk2an ke bumbu, lalu masukkan teri goreng, diaduk-aduk lagi, jadilah kering kentang teri asin yang nggak kering, nggak asin terinya, manisnyapun juga tanggung... produk gagal-lah kalo boleh bilang, ya nantilah kalo ada minat dn waktu nnti bisa diulangi lagi masaknya :D

Berikutnya untuk daging ungkep suwir,

Masaknya simpel sih, daging  (aku pake 200 gram)

Direbus, trus disuwir2... masalahnya aku gak tega nyuwir, jadi cuman taksuwir sih, tapi masih agak gede2 juga... lalu santan (masih pake kara :D), pake sekitar 100 ml, dimasak bareng bumbu yang udah diuleg (3 onion, 2 garlic, ½ sdm lebih ketumbar bubuk, sekitar ½ sdt jinten yg udh disangrai *tapi kayaknya kalo ½ sdt lebih sih, garam, merica masing2 ¼ sdm *tapi kayaknya lebih juga sih, 1cm lebih lengkuas dn 1 serai yg udah dimemarkan, daun salam 2, daun jeruk 2). Ini semua dimasak ampe mendidih lalu masukkan dagungnya, air asam jawa (asam beli di pasar takrendemin ke air sekitar 1-2 sdm) dan gula jawa yg udah diserut antara 1-2 sdm. Ini semua dimasak ampe bumbu meresap dan kering.

Dan ini masalahnya, ternyata rasanya kurang greget, akhirnya taktambahin lagi garam dn merica pake feeling (tapi ya gak terlalu banyak soalnya takut keasinan) dan nyatanya juga pas udah ngresep bumbunya mengering rasanya masih kurang menurutku... tapi taktunggu sampe dingin sapa tau lebih berasa... tapi ternyata gak, sampe dibilang bundami hampa... hmm... emang iya sih...

Tapi inikan aku masaknyakan pagi menjelang siang gtu ya, malamnya bundami masak lagi ditambahin garam dan merica lgi dn emang agak berasa dikit sih... tapi entahlah kok saya merasa gak puas dengan masakan kali ini...

Mungkin udah bosan santan kali ya...

Ya semoa besok, eh... ntar ya, hbis ini,,, bisa masak lebih baik lagi

(written 10.48 waktu lapie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar