Jumat, 13 September 2013

Day 4 : kangkung masak santan dan pepes special (490 recipes to go)


Tidak terasa udah memasak 10 macam makanan empat hari ini…

Masing2 makanan ada story-nya, ada kesan-nya, dan yang pasti secara cita rasa dan hasil sangat berbeda satu sama lain…

Begitu juga menu semalam…

Secara hasil sih tidak terlalu mengecewakan, tetapi juga tidak memuaskan… karena memang secara keseharian aku tidak terlalu gemar jenis makanan kayak gini meski juga gak nolak sih kalo dimasakin, hehe…

Oya, salah satu alasan kenapa gak terlalu memuaskan karena disaat masak, dapet sms kabar yang nggak terlalu enak… kalo secara fisik capek (seperti kemarin) ketika masak itu gak kerasa capeknya (karena enjoy) tapi kemarin pas lagi masak, dapet kabar yang sempat bikin bête juga, makanya mungkin kebawa ya sama masakannya…

Anyway let’s get to the point…
Ada dua kesalahan yang kulakukan semalam, yang pertama : masaknya kemalaman (seperti malam sebelumnya) yang kedua salah memperkirakan mana yang kudu harus dimasak…

Sebenarnya sangat jelas mana yang kudu harus dimasak terlebih dahulu, tapi gak tau kenapa aku memproses terlebih dahulu bahan2 dari kangkung masak santan.  Mungkin gara2 di kangkung masak santan ini ada proses nguleg yang sampe sekarang aku belum biasa dan bisa… sementara di pepes special cuman dipotong2 saja…

Akhirnya setelah menguleg bumbu dan menyiapak tumisan bumbu halus untuk kangkung masak santan, aku langsung memproses pepes spesialnya, thanx buat bundami yang udah ngingetin… hehe

Well, ini untuk pertama kalinya aku beli telur asin mentah… biasanyakan kita beli telur asin yang udah mateng ya, yang tinggal dimakan aja… kali ini salah satu ingredient dari pepes special yang saya juga baru tahu adalah telur asin mentah.  Bagi yang belum tahu belinya dimana, belinya di pasar blimbing di toko hong yang pernah saya critakan di tulisan sebelumnya.  Telur asin mentah ini masih dibungkus sama tanah… saya beli 4 telur asin (harganya 2500an) dibersihkan tanahnya, dipecahkan, dan untuk perama kalinya kita memegang dan mengendus telur asin mentah. Dipisahkan antara kuning dan putih telurnya, dan putih telurnya dicampur dengan santan (as usual aku pake santan kara) 100 ml saja (karena telurnya empat biji, kalo di resep 6 telur 125 ml santan)  abis itu dicampur telur 1 butir, garam (awalnya saya kira bakal asin banget makanya nurutin resepnya ngasihnya dikit, ternyata kurang asin akhirnya feeling dimainkan), merica (tentu saja by feeling, karena suka merica) dan gula ½ sdm (Cuma ini kayaknya yang sesuai resep) setelah itu dicampurkan tahu 1 bak yang dicincang kasar, irisan jamur merang yang dipotong tipis2 (sekitar 75-80 gram, jamur merang ini belinya di hing juga, kalengan besar  Cuma 10rb saja dan isinya masih banyak kok,sekitaran 400 gram kalo gak salah) irisan onion dan garlic maisng2 4 dan 2, cabai merah gede yang diiris2 (1 aja), daun jeruk 2 (iris tipis juga), dan tomat yang juga diiris-iris. Diaduk2 deh semuanya…

Setelah itu dilakukanlah momen of truth, mbungkus pepesnya (bentuknya kayak botok ya) susah ternyata, belum lagi juga daun pisangnya juga ngepas gak terlalu lebar… dari 5 bungkus pepes yang dibungkus bundami semua yang bungkusin, disamping karena sambil mengerjakan yang lain juga karena gak terlalu bisa juga sih.. akhirnya jadilah bungkusan adonan pepesnya… oya, ketika udah dimasukin adonannya jangan lupa untuk menambahkan kuning telur aisnnya dan cabe utuh… trus tinggal dikukus saja, waktu ditulisnya 15 menit siy, tapi jelas lebih dari itu karena matengnya pepes sama matengnya kangkung lebih dulu mateng kangkungnya, itupun sempat ditaruh lagi karena takut lum terlalu mengeras…

Dan akhirnya dibuatlah kangkung  masak santan yang sempat terpending tadi, berhubung bumbu halus udah siap jadinya langsung saja deh ditumis.. oya, bumbu halusnya ada : 3 cabe merah gede, 6 onion, 3 garlic, ¼ sdm ketumbar, 3 butir kemiri yang udah disangrai, garam gula sesuai selera (kalo di resep ½ sdm tapi jelas bagi saya dan bundami ini sangat kurangggg) ditumis bumbu halusnya, ditambah daun jeruk 5 dan serai 2 batang, dimemarkan… ditumis semua ampe harum…

Stelah dirasa cukup harum ,dimasukkan ayam yang udah dibersihkan dn ditiriskan 200 gram… saya beli ayam filet aja, trus saya potong2 dengan agak abstrak karena selak keburu malem dan selak lapar juga…  ayam dimasukkan ke bumbu ampe warnanya berubah… ya sampe matang dan agak tanek gitu lah pokoknya (tanek tu apa ya bahasa indonesianya, ya matang itu kali ya, he2)  setelah ayam dirasa tanek, masukkan santal kental 100ml, diudek2 dulu, trus ditambahkan telur 2 butir yang sebelumnya udah dikocok lalu aduk rata.  Terus terang ini tahapan yang saya tidak begitu paham maksudnya, kalo telur dimasukin ke penggorengan, lalu diaduk2, jadinyakan kayak scramble egg, kalo dalam hal ini dicampur dengan bumbu, santan, dan ayam, ya otomatis ayam, bumbu, dan santan tdi akan menjadi miliknya siy telur, nge-scramble gtu deh jadinya… masalahnya adalah tahapan berikutnya itu masukin kangkung (kalo saya kangkungnya 3 ikat) masalah kangkung ini juga agak tricky, karena diresep ditulisnya 200 gram kangkung, karena saya belanjanya di pasar tradisional beli kangkungnya ya ber-ikat-ikat.   Sempat kita timbang juga, tapi  yang nimbang bundami berapa gramnya lupa, tapi yang jelas gak exactly 200gram dn karena pas nimbang itu akar2nya masih ada, maka untuk yang dimasak kita putusin pake batangnya juga, tapiiiiiii begitu masukin kangkung ke ‘adonan scramble’ yang tadi, kok kayaknya penuh dan gak cantik banget, lagian juga di bukunya gak kelihatan ada batang kangkung dan sayurnya terlihat berair, akhirnyaaa saya ambilin batang2 kangkungnya mumpung masi h belum panas dan belum nyampur bumbu, plus air yang dibawa kangkung pas dicuci tadi juga saya masukin agar ada airnya.   Setelah dicoba-coba, dan sudah saya jelaskan di paragraph sebelumnya betapa garam gulanya masih kurang dan saya tambahin lagi sesuai selera, seinget saya berhubung ada merica di sebelah kompor juga saya tambahin merica juga biar rasanya lebih nendang… akhirnya jadilah sayur kangkung masak santan-nya, sangat berbeda dengan yang di gambar, tapi lumayanlah menurutku saya, hehe…

Well begitu saja mungkin apa yang bisa saya ceritakan dalam proses masaknya… meskipun paragrafnya panjang banget ngejalaninnya cepet banget kok, hehe…   begitu kangkungnya mateng, pepes spesialnya juga mateng… setelah difoto2 sama bundami, baru kita makan… dan kalo menurut saya, memasak denganseperti ini saya gak terlalu cucok, pepesnya juga saya dasarnya memang gak terlalu suka pepes2an… tapi bagi yang suka bolehlah dicoba… tidak ada highlight di kangkung masak santannya, tapi di pepes spesialnya, kuning  telur asinnya benar2 menjadi highlight… dan saya baru tahu kalo jamur merang itu tidak ada rasa dan sensasinya sama sekali, kalo kata bundami siy kalah tekstur sama tahu… 

Oke, that’s all… maaf baru ngupload…. Baru bisa ngupload sekarang…  oya, malam ini libur dulu, coz ada pesenan catering…  insyAllah kalo gak besok ya ahad kita masak lagi sebelum memasuki pecan kedua Husband Cooking Project… 

Gitu dulu yaaa…. Btw yang juga udah masak makanan yang kemaren udah saya masak and difoto boleh dong dikirimin ato di-tag… hehehe2… kalo ada ya, kalo lum ada ya semoga nanti ada, hehe2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar