Minggu, 29 September 2013

Day 12 & 13 : Tempe Penyet & Nasi Tahu Jamur (477 Recipes To Go)


Sekarang saya akan menuliskan pembuatan dua masakan yang saya masak kemarin pagi dan tadi pagi…

Sebenarmya dua masakan ini rencananya saya buat kemaren semua, yang satu buat makan siang, yang satu buat makan malam.. 

Tapi…

Manusia berencana, Tuhan yang menentukan

Kemarin bundami sakit, batuknya gak brenti2… lemes… akhirnya ya udah roda rumah tangga berjalan agak abnormal… sore gitu Alhamdulillah udah baikan sih, jadinya bisa keluar rumah, itupun Cuma bentar… malamnya saya gak bisa masak karena ada ustadz saya pas SMA ke rumah sama temen pas SMA.  Sampe malam, jam 10an… ya udah, gak sempat masak deh… bahan baku yang udah diprepare paginya dipending masaknya jadi keesokan harinya, yakni hari ini… pagi tadi sih lebih tepatnya…

And here we go the report…

Menu tempe yang kemarin saya masak itu sambal tempe, dan sekarang tempe penyet..

Tempe penyet adalah salah satu makanan terbaik di dunia sepanjang masa… saya suka menu ini sejak lahir kayaknya, hehehe… lebay deh… yang pasti Indonesia bangga punya fatin, tapi indonesia lebih bangga lagi punya tempe, hehe2… saya sampai sekarang sangat kagum dengan intelejensia orang2 indonesia jaman dulu sampe bisa menemukan makanan selezat tempe… dan tempe penyet adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati tempe. Simple abis, but the taste is spectacular… asal tempe dan sambelnya enak siy, hehe…  kalo ini tempe penyet yang dimasak adalah versi ibu sisca soewitomo…

Kalo biasanya saya menikmati tempe goreng dipenyet di sambel bawang, tidak demikian dengan masakan ibu sisca ini… saya dua kali menyet tempenya, satu buat saya encip dan buat makannya karyawan, dan satu lagi yang hampir nggak pedes sama sekali, buat bundami…

Kalo versi original sesuai dengan resep bu sisca, pertama kali saya ambil cabe rawit 6 aja (di resep 8 cabe rawit) saya uleg, trus saya ambil 1 cabe merah besar (1 aja, di resep 2), trus trasi (takaran di resep 2 sdt, kalo saya pake kira2 aja, 2 sdt itu sebanyak apa) sama garam (seinget saya sih ½ sdm kalo di resep secukupnya saja) diuleg semua, tapi ternyata kurang pedes, akhirnya saya tambahkan 2 cabe rawit lagi dan hasilnya memang oke… setelah itu aku kasih air jeruk nipis dari ¼ buah jeruk nipis… dicampur, trus ditambah tomat, tapi tomatnya gak sampe diuleg lembut, masih keliatan tomatnya… saya encip, oke…

Kemudian saya goreng tempe, saya lupa berapa potong tapi seinget saya gak terlalu besar tapi tebal… minyaknya gak terlalu banyak jadinya saya pake api kecil, jdi matengnya gak gosong, bisa bagus dan rata (ini tips dari bundami) tempenya udah jadi, udah, trus dipenyetin ke tempe, udah gtu aja.. mantep kok, emang dasarnya suka tempe sih, hehe2… oya, kalo di resep disajikan sama daun kemangi siy… tapi saya gak begitu demen kemangi siy, dan gak ada juga sih di rumah, emang sengaja gak beli…

Berikutnya saya bikin sambel gak pedes buat penyetan tempenya bundami, Cuma pake ½ cabe merah besar, gak pake cabe rawit, trasinya Cuma satu kikisan pisau, jeruk nipisnya juga asal peres, tomatnya ¼ buah kalo gak salah, garam, nggak banyaklah pokoknya… dan bundami cocok, pedasnya pas… :D kalo saya mah gak cocok, wong nggak pedas… hehehe2…

Begitu untuk masakan pertama, oya, yg difoto bawah tu penyet tempenya bundami…. Yang penyet tempe sesuai resep udah keburu dibungkus buat karyawanku, hehe

Oke, sekarang udah pagi hari lagi dari kemarin (sekarang sabtu, pas nulis tempe penyet tu jum’at, hehe2) berarti nulisnya ini tu dua hari sendiri… hehe

Oke, mengenai masak nasi tahu jamur yang saya masak kemarin,  masakan ini simple ya, tidak terlalu banyak teknis, bawang putihnya aja cuman dikepruk, eh.. apa ya dikepruk bahasa indonesianya, dimemarkan… oh ya, saya tidak tahu tulisan ini bakal keposting kapan, karena pulsa internetnya abis… jadi ini saya ketik dulu di word, terus saya copas ke blog… yha sebenarnya saya jarang banget sih langsung nulis di blog, mesti saya ketik dulu di word, terus copas…

Well, back to recipe…

Nasi tahu jamur ini nasi putih biasa, trus dikasih tahu goreng, atau tofu ya lebih tepatnya, trus disiram sausnya yang ada jamurnya juga di dalamnya… trus dihidangkan, udah gtu aja… simple ya, khas chinese food ya, simple but tasty, but is it tasty ? kalo saya lebih tasty tempe penyet ya, hehe… tapi bundami demen… karena beda aja, kemarin masaknya ayam, daging, sekarang tofu dan jamur… berbeda,tapi tetap enak… dan baru pertama kali sih makan yang seperti ini…

Oke, pertama kita olah brokolinya, dipotong2 trus dicuci bersih, lalu rebus ampe agak mateng gitu… jadi warnanya sampe keliatan banget ijonya, oya, aku brokolinya kemarin beli di pasar sekitar 300 gram (tapi itu masih include batangnya lo…) habis direbus, diangkat laluy ditiriskan…

Lalu tofunya aku olah, kalo di resep dipotong 8, tapi aq kemarin lebih motongnya, ampe 12 kalo gak salah, termasuk pinggir2nya yang masih gak berbentuk bullet… habis dipotong dilumuri tepung maizena, lalu langsung goreng ampe matang kecoklatan…

Brokoli udah, tofu udah, terus buat sausnya…

Oya, untuk sausnya ini ada jamur shitakenya ya, di resep sih disuruhnya jamur shitake segar, tapi beberapa hari nyari di pasar gak nemu yang segarm adanya yang segar cuman jamur kuping dan jamur campignon (bener gak sih tulisannya, hehe) jadinya dapetnya jamur shitake kering yang kudu setengah direbus dan direndem pake air anget, jamur shitakenya dipotong2…

Oke, break bentar, maria kejedot kaki meja…

Eh gak perlu break siy, ini ngetik sambil ngegendong…

Untuk sausnya pake kira2 2 sdm minyak goreng, masukkan minyak wijen kira2 ½ sdm, bawang Bombay (aq pake sisa masak2 yg kemaren2, kalo di resep 1 buah sih, tapi aq gak nympe sgtu…) garlic 3 biji, jahe 1cm (garlic dan jahe dikepruk dulu ya…) ditumis semua niy ampe harum, lalu saus tiram 3 sdm, kecap manis 1 sdm, garam, merica (kalo di resep masing ½ sdt, kalo aq yg pastinya taktambahin, sm air 100 ml… diaduk2 lalu tunggu ampe mendidih, masukin deh jamurnya (oya, jamurnya ampe biji), brokoli dimasukin sm daun bawang 2 batang dipotong2… semua udah dimasukkan lalu terakhir masukkan larutan tepung sagu (tepung sagu 1 sdm dilarutin ke air) ampe mengental dan angkat…

Oke, break lagi…

Dan breaknya baru kelanjut sampe sekarang ini, brrti breaknya 2 hari ya… hadeehh

Ini ada yang ngehambat ngeblognya juga niy, pulsa internetnya habis, jadinya semangat nge-blog-nya berkurang, ditambah dengan juga pas ada kesibukan ini itu… ah udah ah, apologi aja… kalo udah komitmen berarti apa aja

Dan break lagimya juga kehambat sampe pagi ini, which is… padahal tinggal closing tapi gak kejalanin nulisnya…

Oya, mengenai taste Nasi Tahu Jamur…

Menu yang recommended-lah buat yang demen sama Masakan peranakan cina, tapi yang jelas kalo menurut saya pribadi sih lebih enak pecel ya… untuk pertama kalinya makan jamur shitake dimakan langsung sebagai highlight di makanan dan rasanya agak kurang terbiasa, hehe2… tapi kalo bundami demen sih… enak menurut dia…

Oke, demikian untuk postingan kali ini, saya berdoa kepada Allah semoga bisa lebih konsisten di minggu ini dalam memasak, menulis, mengedit, dan memposting…



Tidak ada komentar:

Posting Komentar