Selasa, 24 September 2013

Day 10 : Tahu Kukus Jamur (481 recipes to go)

sebenarnya ketika menulis ini hati agak tidak terlalu tenang...

seperti aku bilang kemarin, karyawanku kemarin tidak datang dan tidak mengkonfirmasi...

entahlah, padahal di awal pas aku terima kerja aku selalu bilang masuk baik-baik keluar baik-baik (kalo memang keluar) setidaknya tiga kali aku mengalami keluar masuk karyawan model seperti ini, yang pertama dulu karyawan untuk delivery, ya dia apes siy, pas pertama nganter pas ordernya banyak dan tempatnya di batu, habis itu di-sms gak pernah mbales, ditelpun gak diangkat...  setelah itu karyawan outletku, karena kerjanya yang sangat buruk aku jadikan dia anggota, sementara karyawan lain yang sama dia aku jadikan kordinator, ya otomatis gajinya dibedakan... katanya dia siy oke,tapi setelah itu dia gak pernah masuk lagi... karyawan ketiga ya yang kemarin itu, sebenernya aku simpati sama dia, ijazah dia SMP, lanjut SMK tapi gak sampe tuntas karena permasalahan administrasi... karena jualanku salah satunya sate kambing terus terang diantara semua karyawanku yang paling bagus bakarannya dia... tapi ya gitu, anaknya blak-blakan, seneng siy, daripada diem-diem terus menghilang... tapi ya ternyata bisa menghilang juga, hehehe...

ya sudahlah, insyAllah sudah dapat pengganti juga...

kalo dia tiba-tiba ke rumah ya takjelasin apa adanya... ya gimana lagi, hari ini aja udah gak buka, soalnya aku terlanjur ada acara, dan banyak laporan yang aku deadline hari ini harus beres semua...
bikin blog ini awalan aja... habis itu back to report, huftt....

oke, pagi tadi aku masak tahu kukus jamur...

terus terang menurutku namanya kurang tepat, seharusnya tahu udang jamur... karena yang dominan menurutku lebih ke rasa udangnya, dan aku cuma bisa makan dikit aja.. aku alergi udang, tadi pas nyobain dikit aja rasanya tenggorokan sama mulut bagian dalam kayak berasa panas gitu...

hari ini bikini 1 dish saja soalnya ini masakannya agak asing, tapi ternyata ya cukup simpel juga sih sebenarnya...

bahan-bahan semua udah ada, cuman udang, tahu, daun bawang, dan minyak wijen saja yang masih harus beli...

untuk ngebuat ini aku pake tahu 1 bak, sekarang harganya 4000, tahunya aku belah dua dari samping, terus aku tata di pinggan tahan panas, habis itu aku bikin bahan olesannya yang terdiri dari udang yang udah dialusin (udangnya aku juga beli 4000, gak tau ini ukurannya berapa, mungkin 1 ato 2 ons) terus terang ini baru pertama kali memasak bahkan menyentuh udang mentah, awalnya udangnya kulitnya aku kupas, tapi cuman ampe setengah aja, berhubung udangnya udah kecil2 jadi kalo yang kecil2 langsung diuleg saja...

selain udang yang udah dialusin, untuk bahan olesannya aku tambahkan tepung sagu tani (merknya) 1 sdm, 1 putih telur (nha ini nih, telur pertama gak berhasil misahin kuning dari putih telurnya, telur kedua baru berhasil), garam (tadi kayaknya pakenya sekitar 1/2 sdm, gulanya juga segitu, merica juga sama tapi kemungkinan lebih banyak dikit (karena saya penggemar merica, hehe) dan terakhir irisan daun bawang... diaduk2 trus dioleskan rata di atas tahunya...

dan terakhir bikin sausnya..
saus tiram 3 sdm, minyak goreng 1 sdm, minyak wijen 1 sdt (ingat ya 1 sdt bukan 1 sdm, kalo pake sdm cukup 1/2 aja, coz minyak wijen niy aromanya kuat banget) 1 sdm madu (aku pake madu samarindanya bundami, coz di rumah adanya itu aja soalnya) sama garam dan merica.... kalo di olesan tadi aku gak tega nyobain coz ada udangnya, kalo ini aku berani nyobain... tapi meski olesannya dicobain tetep siy, aku towelkan dikit jari ke olesan trus dijilat, ternyata rasanya kurang kuat, jadinya garamnya niy aku pake 1/2 sdm lebih, y dikira2 aja, soalnya setiap orangkan punya selera asin yg beda2, trus kalo untuk mericanya siy ya sekitara 1/2 sdm juga kayaknya tdi...

hbis bikin sausnya, sausnya niy diolesin ke tahu dan olesannya tadi, diratain saja... trus ditaburi daun bawang lagi sama cabe merah besar yg udah dibuang bijinya dn dipotong tipis2...
oya, sama tambahin jahe yang kalo aku siy dipotong tipis2 dan makenya gak terlalu banyak, gak sampe 2 cm kayaknya...
 habis itu langsung dikukus deh...
kalo di bukuresep butuh waktunya 15 menit, kalo aku taklebihin dikit, sekitar 20 menit gitu aja kayaknya...

bgtu udh matang aku ciciplah..
hadehhhh rasa udangnya langsung bikin tenggorokan panasss... maklum alergi... udah deh gak berani makan lagi... gak demen sama aftertaste-nya...

karena bikinnya 1 pinggan tahan panas gtu dn gak mungkin bundami makan sendirian, akhirnya bundami aku potongin dikit trus takmasukin kulkas, sisanya aku bawa ke kantornya emas corp, buat ketemuan sama temen2 satu kelompok mentoring bisnis TDA yang kebetulan lagi ngumpul...

kalo secara umum komentar dan ngeliatnya kayaknya enak2 aja siy, meski gak enak banget, soalnya pinggannya gak sampe bersih bener, kalo makanan yang uenakkan bisanya ampe bersih bener piringnya, ini gak terlalu bersih tadi... kata mas ridwan abadi siy jamurnya kelembekan, oyaaaa sampe lupaaaa sebelum disiram saus, dikasih potongan jamur shitake segar, berhubung aku punyanya jamur shitake kering yang kudu direndem dulu, maka itu mungkin yang bikin jamurnya berasa lembek, trus juga jahenya gak merata, kurang gede, emang siy... tadi pas mau naruh jahe agak bingung juga, apa enak, tapi ternyata kayaknya memang harus ditabur potongan jahe kecil yg merata deh... biar sensasi pedesnya dapet kena semua...

ini tadi udah abis di pingga, tinggal sisa2 potongan dikit saja...
belum dapet komentar dari bundami soalnya bundaminya belum pulang..

kita tunggu nanti komentarnya bundami seperti apa, hehehe...         


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar