Senin, 23 September 2013

Day 9 : (482 Recipes To Go) Srundeng Manis & Sambal Tempe



Kali ini aku nulisnya di warung, di outlet sate gule & ayam dimadu yummy food...

Sebenarnya jam segini saat ini (13.50 waktu jam warung) kudunya saya tidak di warung, cuman karyawanku sampe sekarang belum datang, alasannya semalam gak tidur dan masih capek, mas sepupunya habis nikah...katanya siy tadi jam 11 dah mau berangkat, tapi sampe sekarang lum nyampe, dampit-malang macet kali ya...

Hmm, tadi pagi aku masak serundeng manis dan sambel tempe...

Sekarang acara masaknya pagi karena biasanya kalo masak malam kayak kemaren2, habis masak, makan, langsung brek... soalnya masak emang udah dalam keadaan capek, di sisa2 tenaga, tapi karena excited jadi gak berasa capek, tapi setelahnya, biasanya langsung makbrek :D

Tapi resikonya masak pagi tu gak ada bundami, tau ndirikan skill perdapuran saia tu masih minimalis, nguleg aja masih susah, dan sepertinya teman2 malu bermain denganku (wkwkwkwk..... masih liat iklan tipi yang inikan? Iklan jadul banget, pas jaman SD)

Jadi kalo masak gak ada bundami tu tadi rada khawatir2 gitu, misal, tadi lupa aromanya jahe tu kayak gimana, hampiiiiir aja masukin kencur ke bumbu srundeng, untungnya saya tidak lelah mengendus satu demi satu rizhoma yang nyampur bleg jdi satu kresek, sempat galau, tapi akhirnya berhasil menemukan ridho roma, eh rizhoma yang yakin banget kalo itu tuh jahe... jadinya gak jadi deh masukin kencurnya, hehe...

Karena ini srundeng kedua yang saya masak, ketika saya tau mo masak srundeng dan sambal tempe, maka saya masak srundengnya dulu... pertama saya prepare dulu ingredients dari kedua masakan tersebut, setelah itu... saya fokus mbuat srundengnya...

Berbeda dengan bikin srundeng kuning yang diuleni dulu kelapa parut ke bumbu halusnya, di resep kita sreng-sreng dulu kelapa parutnya.  Kalo di resep siy katanya sampe kelapa parut kuning kecoklatan, tapi terus terang pas nge-sreng-sreng saya agak bingung, karena gak ada sesuatu yang bisa bikin dia kuning kecoklatan, adanya cuman bikin warnyanya nggak seputih sebelumnya sama beberapa yang kecoklat kehitam2an, tapi bukan warna kuning !!! ya udah sih, pas warnanya pokoknya udah berubah aja (meski gak berubah kuning kecoklatan) kelapanya saya angkat trus saya bersihkan dulu, karena muka wajannya agak gosong lalu setelah bersih, saya tumis bumbu halusnya. Oya, bumbu halusnya ada jinten hitem yg di-sreng sreng dulu (antara ¼ ampe 1/3 sdm),trus sy pake ketumbar bubuk ½ sdm, 5 onion (tapi 1 ukurannya kecil banget), 3 garlic, kira2 3 sdm gula jawa, sama yg terakhir garam ½ sdm.  Bumbunya saya pake ukuran resep di buku, meski saya pake kelapanya gak full resep.  Pengalaman kemarin siy, rasanya kurang nendang, semoga dengan lebih banyaknya bumbu bisa bibikin semakin nendang.  Kelapanya saya pake 1/3 butir, di resep ½ butir... yha selisih dikit2 sih, hehe...

Abis bumbu ditumis ampe wangi, masukin daun salam 3, 4 lembar daun jeruk, jahe dan lengkuas masing2 2cm jangan lupa dimemarkan trus diaduk2.  Habis itu baru dimasukin air asam jawa, saya niy beli asem jawa yang plastikan itu, trus sya larutkan dengan caradiaduk sambil dipenyet2 asemnya.  Habis itu baru deh kelapa dimasukkin dan it’s sreng sreng time...

Oke, srundengnya udah jadi, lalu saya mbuat sambal tempenya... bisa jadi ini salah satu dish ter-simpel yang pernah saya masak, simpel banget, uleg2 bentar, goreng tempe, terus tempenya diulegkan (kayak tempe penyet, tapi lebih diancurin lagi tempenya ampe tinggal kedele2nya aja) komposisinya...

Yg diuleg saya pake 1 lombok besar merah, 2 cabe rawit, garlic 3, kencur skitar 2-3 cm, sama garam (kalo ini mah ssuai selera aja) lalu tempe ya udah digoreng (langsung goreng aja gak pake bumbu) tempe saya beli 2000 di tukang sayur.  Gak kepake semua, paling sisa sekitar 2-3 cm. Tempe itu diulegkan ke sambelnya tadi, plus saya ikutkan juga dikit2 minyak yang dipake goreng.  Sebenarnya awalnya gak sengaja siy, tapi kok tiba2 inget kalo sambel tu lebih enak dikasih jelantah / minyak bekas, ya udah... terberikan deh, he2...

Oke, setelah selesai masak, difoto dulu, baru deh dimakan... karena masakannya jadinya jam 10, maka jadilah makan setengah siang... yang dimakanpun juga gak banyak, karena masih kenyang karena sarapan, dan jadinya sekarang mau jam 3 sore saya udah laper dikit, hehehe2....

Oke, untuk taste dari srundeng manis, ya biasa aja sih, karena sekali lagi saya gak terlalu suka srundeng emang... gak pernah tu disuguhin makan srundeng lalu saking senengnya sampai takjub dan ketika memasukkan srundeng ke dalam mulut langsung berasa ada yang bersinar di dalam mulut, hehehe... gak pernah ngalamin begituan pas makan srundeng... Cuma sekali lagi terkait srundeng, meski saya gak terlalu demen srundeng, tapi pas makan memang kerasa sih kalo bumbunya kurang berasa, yang kemarin juga gitukan, kayak kurang nendang gtu, padahal takaran bumbunya dah dilebih banyakin... ato mungkin srundeng seleranya bu sisca yang rasanya agak soft gini ya...

Dan, star of the dish today adalah sambal tempenya, sumpah enak banget... berasa makan sambel+tempe mbah jayus yg di deket ABM... ya secara Cuma garlic dan chilli aja siy, pake kencur juga malah... enak, dan pastinya bundami pasti suka, karena gak terlalu pedes tapi masih berasa rasa cabenya.... apalagi dimakan pake nasi anget dan tempenya masih anget juga, berasa crunchy-nya tempe goreng dan taste-nya sambel, perfecto deh... highly recommended...

Oke,  demikian, udah jam 3 sore dan karyawanku masih belum datang...

Selamat mencoba yaaaa...

Paling nggak sambel tempenya, sumpah gampang banget masaknya tapi rasanya mantap...

Bener deh, hehehe...


Edited again : 17.28 waktu lapie...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar