Rabu, 11 September 2013

Day 3 : (Nasi Kencur, Ayam Goreng Kemiri, Sambal Oncom) Still 492 Recipes to go...



Sematang apapun rencana kita, kita harus mempersiapkan mental atas kemungkinan tidak terlaksanakannya rencana tersebut... 

Barangkali itu hikmah yang saya dapat kemarin terkait tertundanya beberapa hal yang saya sudah rencanakan untuk kerjakan... kemarin pagi saya sudah merencanakan untuk mengambil BPKB di polresta malang, entah databasenya yang tidak integrated ato mbak-nya yang malas berusaha mencari akhirnya BPKB motor saya belum berhasil  didapatkannya, katanya siy hari ini mau ditelepon kalo udah ketemu, kita lihat saja nanti... 2 jam lebih menunggu dan ternyata hasilnya seperti itu... yha begitulah potret institusi kita, itulah yang membuat saya berusaha seminimal mungkin berurusan dengan institusi dan birokrasi, karena kalo menghindar 100% juga kagak mungkin...

Ada lagi sebenarnya peristiwa terpendingnya rencana yang kemarin saya alami yang membuat saya pulang ke rumah dalam keadaan bete.  Dan disinilah keajaibannya.  Kalo julie powell sampe ngejabanin masak 524 resepnya julia child dalam setahun salah satunya sebagai pelampiasan hidupny, saya sepertinya benar2 memahami hal itu kemarin...

Jujur pas di perjalanan pulang sempat mikir untuk ngepending dan memikirkan redaksional apa yang saya tulis ketika ngeblog keesokan harinya.  Tapi ternyata nggak jadi ngepending.  Dan saya bersyukur gak jadi ngepending....  bete dan lelahnya tubuh ternyata tidak membuat energi saya untuk masak berkurang... padahal dibanding masak yang kemarin yang paling berat sebenarnya yang kemarin ini.... saya harus menguleg bumbu dalam jumlah yang terbanyak dibanding yang kemarin, saya juga harus nge-sreng2 nasi kayak penjual nasi goreng...

Menunya adalah nasi kencur, ayam goreng kemiri dan sambal oncom...
Dan percaya deh, 3 menu ini kalo dimakan bersama rasanya enaaak banget...
Semakin cinta deh sama masakan indonesia...

Pertama kali yang dilakukan adalah ngambil ayam di freezer, ayamnya beku karena belinya udah kemarin, jadi musti direndem dulu pake air biar gak beku, sambil nunggu ayamnya gak beku, bumbu2nya mulai diolah... based on recipe saya memasak ½ resep, jadi saya pake 4 bawang merah, 5 kemiri, ketumbar (pake feeling, kalo sesuai resep ya ½ sdm) jinten (pake feeling juga, based on recipe ½ sdt) garam (feeling again ½ sdm ato sesuai selera yaaa) sama merica bubuk (kalo di buku ½ sdt, tapiiii ternyata saya dan bundami sama2 seneng merica, jadinya kita tabur-tabur seseneng kita) daaaaan, 25 gram lengkuas parut.... nah ini nih, pengalaman pertama marut pake parutan... seumur hidup baru pertama kali marut, dan sekali lagi bundami menawarkan bantuannya yang sangat bermanfaat, jadi diparutin bundami biar cepet (soalnya mulai masaknya hampir2 jam7 malem gitu) saya diberi kesempatan mencoba marut yang sebenarnya gak terlalu mengeluarkan energi banyak, tapi tiap kali saya menggerakkan lengkuas ngosek2 parutan bundami selalu bilang “hi... hi....” dan akhirnya,  “mana wes aku aja biar cepet, kalo nggak biasa bisa terluka (redaksional pastinya lupa, yg pasti tentunya diucapin pake bahasa jawa) akhirnya karena udah malem juga ya seneng banget dibantuin...

Setelah semua bumbu udah siap uleg, mulai nguleg-lah saya... dan tau sendirikan saya gak bisa nguleg... jadinya ya agak tidak lancar gitu ngulegnya... setelah bumbunya udah relatif alus, langsung deh diusap2in ke ayam yang udah dicuci, ditunggu 15 menit...

Sembari menunggu 15 menit, saya nyiapin buat yang sambel oncomnya... pengalaman yang tidak terlalu baik pas mbikin sambal terasi matang di hari pertama, maka di menu ini bikin sambelnya bener2 dikit, tidak ½ resep ato ¼ resep, tapi 1/5 resep !!!!

Karena tidak nemu oncom saya pake tempe kacang, saya cincang tempenya hingga jadi butiran debu, eh salah... maksud saya butiran2 kacang gtu (tempenya 50gram) , gak nemu leunca jadinya gak saya kasih, 1 cabe merah bear, 1 cabe rawit (biar bundami bisa makan dengan ikhlas) msing2 1 siung garlic dn onion, 1 lmbar daun jeruk, 1 btg serai (seperti biasa memarkan), garam, merica, dn gula pasir (sesuai selera), dan kemangi, berhubung kemangi yang saya beli kemarin udah layu saya make yang masih bisa dipake aja dan itu gak banyak...

Cara bikinnya gampang banget, cuka ditumis2 cabe2nya, onion, garlic, daun jeruk, sereh sampe wangi, lalu masukkan tempe kacang, garam, merica, gula sampe meresap.  Gak terlalu lama masukin daun kemanginya... dan ternyata saya baru tahu, ternyata tempe kacang tuh enak banget kalo diginiin, terus terang kalo digoreng biasa ato digoreng pake tepung saya gak pernah suka, tapi... ternyata begitu dimasak pake cara ini... rasanya seperti tendangan david beckham.... maknyus tenan... feeling so gratefull when i eat it..

Oke, lanjut... Sambalnya matang, 15 menit udah berlalu, saatnya masak ayamnya (diungkep istilahnya) jadi ayam+bumbu halusnya tadi tu dimasukin wajan, trus di-sreng sreng, pas warnanya agak berubah, masukin air dikit aja, sreng2 lagi, trus tunggu ampe mateng, tutup pake tutup panci, dan proses pengungkepan dimulai... brapa lama ? gak ngitung siy, tapi sampe airnya tinggal bener2 dikit aja...

Sembari proses ngungkep kita bikin nasi kencurnya, sumpah saya jamu2an itu gak demen... gak pernah mau saya, kalo minum beras kencur tapi ya pernah, tapi kalo minum ato ngunyah kencur saya gak pernah... saya agak sanksi siy rasanya bakal kayak gimana nasi dicampur kencur, pernah lihat di mastrechef siy, bahwa kalo gak salah ini tu khas sunda.. yang orang sunda koreksi yaa... tapi hasilnya ternyata tidak sejamu yang saya kira, enak malah, hehe2...

Nasi kencur saya masak 2/3 porsi, jadi onion saya pake 4 butir, oncomnya (baca: tempe kacang) 50 gram (karena adanya cuman ini siy, kalo 2/3 resep ya kudunya sekitar 130 gram) kencurnya 50 gram aja (gak berani banyak2, kalo based on recipee sekitar 67 gram) nasi putih 2 piring penuh, garam & merica sesuai selera (aslinya kalo di resep dikit banget, tapi saya tambah2in juga pas proses nggorengnya, jadi ya sesuai selera ajalah...)

Proses mbuatnya juga awalnya simpel2 aja kok, tumis onion sampe harum (pake minyak goreng ya, jangan pake cuka, kalo di resep ya sekita 3-4 sdm) masukin tempe kacangnya (jangan lupa dicincang dulu, kalo gak dicincang skalian campur tepung aja, dimakan pake petis sama lombok, hehe) sama kencurnya (diparut dulu ya, jangan dicampur tepung terus dimakan pake petis dan lombok, percaya deh, gak enak !!!! hehehe) di-sreng-sreng aja sampe matang...

Lalu dimasukkanlah nasi putih, garam, dn merica.  This is the hardest part (ya gak hard2 amat siy, tapi dibanding nguleg lebih capekan yang ini, soalnyakan kalo nguleg ada yang bantuin, kalo nggoreng minta bantuan gak tega, kasian bundaminya, hehehe) ya di-sreng-sreng sebagaimana layaknya penjual nasi goreng gitu, karena kalo gak di-sreng-sreng nanti lengket... sreng-sreng ampe bumbu meresap, taunya gimana? Ya dicicipin nasinya.... kalo udah matang, angkat... dan ternyata rasanya enak juga lo sodara2, ya... saya gak tau standar enaknya nasi kencur, tapi kalo pake lidah2 umum ya enak siy... saya pikir nasi + kencur rasanya aneh, ternyata gak juga, agak asing sih, tapi ya enak...

Kita kembali ke ayam, ayam yang udah diungkep langsung aja digoreng, bumbu2nya sekalian dimasukin... jadi ini semacam ayam goreng lengkuas gitu ternyata, gak tau juga bu sisca ngasih namanya kok ayam goreng kemiri... ya digoreng ajalah kayak ayam goreng laos / lengkuas itu... kalo udah mateng dan cakep, angkat, dan sajikan...

Gimana rasanya? Well, untuk secara rasa nasi kencur, enak siy, sesuatu yang barulah... dan ternyata enak... tapi begitu nasi kencurnya dipadu sama sambal oncomnya (baca: tempe kacang) rasanya enak bener deh, entah apa gara2 masing2 ada campuran oncomnya (baca:tempe kacang) ato gimana, yang jelas secara cita rasa jadi merasa bersyukur banget jadi orang Indonesia, makanannya enak-enak... kalo ayam goreng kemiri ya gitu itu deh... ternyata gak beda sama ayam goreng laos/lengkuas... ya mungkin ada bedanya tapi saya gak tau, mungkin nanti ada resepnya ayam goreng lengkuas ya qt akan bisa mencari tahu, hehe2... yang jelas perpaduan ketiga menu ini makin membuat saya merasa bersyukur jadi orang indonesia, bener deh...

Oke, that’s all for today, tadi ngetiknya kesiangan dan sekarang udah siang.  Foto dan plating by Bundami...

See u in the nex post yaaa...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar